• Kp. Babakan Rt. 003 Rw. 003
  • -
  • dayeuh.desa@gmail.com

Sejarah Desa

26 Agustus 2016 Administrator Dibaca 3.801 Kali

Desa Dayeuh adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat.

Pada masa penjajahan desa Dayeuh belum terbentuk menjadi sebuah Pemerintahan seperti sekarang, cikal bakal terbentuknya Desa Dayeuh dimulai dari kepemimpinan yang disebut Mandor.

Kepemimpinan Mandor pada saat itu bertanggung jawab langsung kepada penjajah Belanda. Mandor yang terangkum dalam sejarah Desa Dayeuh saat ituadalah seorang warga Kp.Babakan yang bernama Sahid sampai akhir hayatnya dan kemudian digantikan oleh Mad Syara seorang yang menjadi kepercayaan Mandor Sahid pada masanya, walaupun secara aturannya bertanggungjawab kepada Penjajah tetapi kedua Mandor tersebut sangatlah bertolak belakang dengan tetap berjuang untuk kepentingan masyarakat.

Seiring berjalannya waktu kemudian Masyarakat setempat mengadakan musyawarah adat sehingga terbentuklah sebuah Pemerintahan tingkat desa bernama Desa Dayeuh.

Pemerintahan Desa Dayeuh dibentuk pada tahun 1955  kemudian diadakan pemilihan Kepala Desa Dayeuh yang Pertama danterpilih seorang warga yang bernama Sarifudinatau  lebih dikenal dengan sebutan Mad Syarif adik dari Mad Syara seorang Mandor pd masanya.yang kemudian menjadi Kepala Desa Dayeuh yang pertama.

Dengan berbagai kendala yang dihadapi saat itu dimana Kantor Desa pun belum ada, disisi lain kondisi politik yang belum stabil seorang Mad Syarif dengan kesabarannya tetap bertekad untuk menjadikan Desa Dayeuh yang Maju dan Sejahtera, sehingga beliau menduduki jabatan Kepala Desa Dayeuh selama 11 (sebelas) tahun yaitu dari tahun 1955 sampai dengan 1966.

Terbentuknya Desa Dayeuh

Pada Tahun 1955 berdasarkan musyawarah adat setempat yang didukung oleh pemerintah Kecamatan Cileungsi serta Pemerintah Kabupaten Bogor yang diwakili oleh Kwadaan, terbentuklah sebuah desa yang diberi nama DESA DAYEUH hingga sampai dengan sekarang.

 

Urutan Pejabat Kepala Desa Sampai dengan Sekarang

 

No

N a m a

Tahun

1955  s/d Sekarang

Keterangan

1.

H.SYARIPUDIN

1955 s/d 1966

 

Kepala Desa Pertama

2.

H.MARPUDIN

1966 s/d 1989

 

Kepala Desa Kedua

3

H.MOCH.IYANG

1989 s/d 2007

 

Kepala Desa Ketiga

4

H.JAELANI 

2007 s/d 2013

  Kepala Desa Keempat

5

JAMHALI BJ, SE

Tahun 2013 s/d 2019

 

Kepala Desa Kelima

6

SUKARDINATA

Tahun 2019 s/d Sekarang

Pj. Kepala Desa Keenam

7

JAMHALI BJ, SE

Tahun 2020 s/d Sekarang

Kepala Desa Saat Ini

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar